14 Juli 2010

Meraih Untung dg Melunasi Sebagian Oustanding Hutang KPR Syariah


By : Alihozi
Banyak orang saat ini yang menginginkan sebuah rumah idaman khususnya untuk tempat tinggal walaupun ada juga yg untuk investasi di masa yang akan datang. Oleh karena itu maka tidaklah heran banyak orang saat ini dari berbagai profesi baik Pegawai swasta, PNS maupun pengusaha beramai-ramai mengajukan KPR Syariah untuk membeli rumah sebagai solusi kepemilikan rumah secara tidak tunai selain KPR Bank Konvensional.
Walaupun begitu banyak orang yg tidak mengerti bagaimana sih caranya agar bisa meraih keuntungan dengan mengambil KPR Syariah berikut ini saya akan menjawab dengan sebuah ilustrasi cerita:
Saya mempunyai seorang nasabah KPR Syariah yg bekerja di salah satu instansi pemerintah, kita panggil saja ia dg nama Tn  Untung (nama samaran red).
Profesi Tn Untung selain menjadi PNS ia juga mengajar di beberapa perguruan tinggi. Dengan profesinya tsb ia bisa membeli rumah untuk investasi melalui KPR Syariah tempat saya bekerja. Baru jalan satu tahun KPR nya dari 10 tahun yg disepakati,  Tn Untung menghubungi saya bahwa ia telah berhasil mengumpulkan (menabung) sejumlah uang dan ia meminta pendapat saya apakah harus melakukan pelunasan sebagian atas KPR Syariah nya yg masih berjalan.    

Lalu saya katakan kepada Tn Untung agar uang tabungannya tsb bila tidak ada kebutuhan yang sangat urgent atau peluang bisnis lain yang sangat menguntungkan agar dipakai untuk melunasi outstanding hutang KPR nya ke Bank Syariah tempat saya bekerja. Selain karena tidak kena pinalti Tn Untung bisa menambah porsi kepemilikan atas rumah KPR nya tsb menjadi lebih besar, memperkecil angsuran per bulan serta memperpendek jangka waktu KPR yg sudah disepakati.

Tn Untung akhirnya mengikuti saran saya, akhirnya ia melunasi sebagian outstanding KPR nya. Setelah itu angsuran KPR per bulannya menjadi lebih kecil dan jangka waktu KPR nya menjadi lebih singkat yaitu menjadi 5 tahun. Dan tidak lama kemudian  Tn Untung ingin membeli property yang lain melalui KPR Syariah karena property yang lama ditawar orang lain dengan harga yang menguntungkan.

Dari Ilustrasi cerita di atas ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil agar anda bisa mendapatkan keuntungan bila mengambil KPR Syariah :
1.       Carilah KPR Syariah yang bisa melakukan bukan hanya pelunasan seluruhnya tetapi juga bisa melakukan pelunasan sebagian tanpa kena pinalti.
2.       Walaupun sudah membeli rumah melalui KPR Syariah , tetaplah hidup dengan berhemat , tidak boros agar bisa menabung untuk pelunasan sebagian outstanding KPR Syariah.
3.       Cobalah mencari sumber pendapatan lain selain gaji tetap agar bisa menabung karena orang yang kaya adalah bukan orang yg gajinya besar tapi orang yang banyak sumber penghasilannya.
4.       Apabila membeli property untuk investasi melalui KPR Syariah carilah yang marketable agar pada saat dijual memiliki nilai jual tinggi.
5.       Oh ya satu lagi,  Jangan lupa banyak bersedekah ya.

Selamat Mencoba Mengajukan KPR ke Bank Syariah,
Salam

Alihozi http://alihozi77.blogspot.com
Praktisi Bank Syariah Telp Office : 021-2700075 ,  Hp:0812-1249-001  atau email ali.hozi@yahoo.co.id

2 komentar:

Anonim mengatakan...

apakah ada keuntungan lain, semisal nilai angsuran yg lebih kecil dibanding angsuran normal, jika melunasi outstanding hutang KPR

Anonim mengatakan...

Jika dpt Kredit 136Jt dgn cicilan 1,750.000,- selama 15 th dan akan dilunasi sebagian (50jt) brp perhitungan cicilan dan masa cicilan teerima kasih