20 November 2008

AYO MAJU BERSAMA DENGAN BANK SYARIAH

(Diambil dari Kisah Nyata)

Oleh : Alihozi

http://alihozi77.blogspot.com

Pada suatu hari sebelum tahun terjadinya krisis ekonomi tahun 1998 melanda Indonesia, ada seorang Customer Service (CS)sebuah bank syariah namanya Anisah (nama samaran red) kedatangan seorang calon nasabah. Setelah menyambutnya dengan ramah dan mepersilahkannya duduk, Annisah menanyakan apakah ada yang bisa dibantu. Calon nasabah tsb menanyakan semua produk-produk yang ada di bank syariah , ternyata setelah dijelaskan oleh Anisah ternyata calon nasabah bukannya membuka rekening malah mengkritik kekurangan-keurangan yang ada di bank syariah tsb, seperti jaringannya dan ATM nya masih terbatas. Dengan tenang Anisah menjawab kritikkan tsb :


“Bapak, dalam sebuah permainan sepakbola yang merasa paling pintar justru adalah penontonnya bukan para pemainnya, penonton selalu berteriak atau mengomentari para pemainnya harus begini, harus begitu padahal kalau penonton itu disuruh bermain belum tentu bisa. Penonton tidak tahu betapa sulitnya dalam sebuah permainan sepakbola menciptakan yang namanya sebuah GOL karena tidak ikut bermain hanya menonton saja.

Jadi kalau bapak ingin bergabung dengan bank syariah justru inilah saatnya, jangan nanti kalau bank syariah menjadi besar dan bertambah banyak jaringannya. Kalau nanti bank syariah menjadi besar dan bertambah banyak jaringannya, bapak akan bisa berkata “Saya ikut andil membesarkan bank syariah ini.” Demikian jawab Anisah kepada calon nasabah tsb.

Pada akhirnya calon nasabah tsb membuka rekening tabungan di bank syariah tsb. Dan benar yang dikatakan Anisah. Pada saat terjadinya krisis keuangan dan krisis ekonomi melanda Indonesia tahun 1997-1998, bank syariah tetap bertahan karena system ekonomi syariahnya (system bagi hasil) dan juga karena memiliki nasabah-nasabah yang memiliki loyalitas tinggi kepada bank syariah. Pasca krisis bank syariah jaringannya bertambah banyak bukan hanya satu bank umum tetapi sekarang sudah ada tiga bank umum dan unit-unit pelayanan bank syariah serta jaringan ATM nya yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan rencananya akan terus bertambah bank-bank umum syariah yang ada di tanah air tercinta ini.

Apa yang dialami oleh Anisah tsb penulis yakin juga pernah dialami oleh seluruh praktisi bank syariah (termasuk penulis sendiri) dalam usahanya mengajak seluruh lapisan masyarakat bergabung dengan bank syariah. Banyak anggota masyarakat umum, mahasiswa, akademisi dan para ulama hanya asyik dan sibuk sebagai penonton, pengamat, pembahas dan membentuk berbagai lembaga pengamatan ekonomi dan perbankan syariah dengan hanya mengkritik produk-produk dan kinerja perbankan syariah. Namun, pada tataran implementatifnya justru masih terlibat dengan system bunga yang ribawi dan lembaga pengamat tsb tidak mempunyai rekening di bank syariah. Hal ini merupakan suatu ironi yang kontraproduktif (Dr.Setiawan Budi Utomo, Pengantar Halal Haram Bunga Bank Dr.Yusuf Al-Qardhawi)

Seharusnya seluruh lapisan masyarakat harus lebih kongkrit dalam ikut mengembangkan system ekonomi syariah di tanah air dengan menjadi pelaku ekonomi syariah, pelaku ekonomi syariah di sini bukan berarti harus atau hanya menjadi praktisi bank syariah . Tetapi juga bisa menjadi mitra bisnis dari bank syariah seperti menjadi nasabah bank syariah.

Penulis menguraikan hal ini semua bukan berarti penulis tidak menyukai segala kritik yang ditujukan kepada system perbankan syariah di tanah air, tetapi penulis hanya ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk segera Maju Bersama dengan Bank Syariah dan segera meninggalkan system ekonomi kapitalis dengan sub sistem bunganya. Karena pada saat terjadinya krisis financial global ini kita tidak bisa menutup mata bahwa salah satu yang menyebabkan terjadinya krisis financial global adalah system bunga perbankan.

Contohnya, karena harus mempunyai kewajiban membayar bunga yang terlalu banyak bank-bank di Eropa cari akal sekuat tenaga untuk memutar uang tsb agar bisa menghasilkan bunga yang lebih besar yang pada akhirnya bank-bank Eropa tsb membeli surat –surat utang yang beresiko tinggi dari lembaga-lembaga keuangan di AS (Credit Default Swaps) dengan harapan bisa menikmati bunga tinggi dari lembaga – lembaga keuangan tsb. (Dahlan Iskan, Bussiness Today , 17 November 2008) Alih-alih ngin mendapatkan bunga tinggi ternyata yang terjadi adalah gagal bayar, dana yang dipinjamkan ke lembaga-lembaga keuangan AS tidak bisa kembali karena lembaga-lembaga keuangan di AS tsb mengalami kebangkrutan.

Wallahu’alam

Maju terus perbankan syariah dan tinggalkan segera system ekonomi kapitalis

Al-Faqir

Alihozi

Komentar dan saran atas artikel ini bisa dikirim di http://alihozi77.blogspot.com atau sms ke 0813-882-364-05

Tidak ada komentar: