06 November 2008

Keluarga Pecinta System Ekonomi Syariah

Oleh : Alihozi
http://Alihozi77.blogspot.com


Setiap malam hari di sebuah rumah kontrakkan berukuran 70m2 di daerah Ciledug selalu diadakan pengajian anak-anak (TPA) yang mana gurunya adalah sebuah keluarga bahagia yaitu Keluarga Pak Krn. Keluarga Pak Krn merupakan sebuah keluarga yang berusaha menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari – hari seperti berakhlak yang baik dengan tetangga (orang lain), kejujuran, membantu para anak yatim dan yang lainnya termasuk menjalankan system ekonomi syariah, maka tidaklah heran para tetangganya menyukai keluarga Pak Krn. Pekerjaan Pak Krn adalah wiraswata yakni penjahit pakaian dan menjual alat-alat rumah tangga dengan pembayaran secara angsuran.

Keluarga Pak Krn merupakan keluarga yang mencintai system ekonomi syariah, mereka beranggapan bahwa bangsa Indonesia hanya akan bisa maju dan mengejar ketertinggalan di bidang ekonomi dengan bangsa lain dengan meninggalkan system ekonomi kapitalis -liberal dan kembali kepada system ekonomi syariah dan mereka sering mengatakan bahwa apapun kekurangan penerapan system ekonomi syariah di tanah air saat ini haruslah tetap diperjuangkan secara konsisten menuju ke arah yang lebih baik bukan malah untuk ditinggalkan.

Keluarga Pak Krn juga sangat menyarankan agar generasi muda ummat Islam untuk selalu menanamkan jiwa entrepreneur (baca juga tulisan saya yang berjudul “ Bercita-cita menjadi Entrepreneur Muslim”) seperti yang dicontohkan Rasulullah, SAAW dan sebagian besar para sahabat.Karena kecintaannya kepada system ekonomi syariah tsb keluarga ini tidak hanya menabung di bank syariah tetapi juga keluarga ini sering mengadakan diskusi mengenai system ekonomi syariah pada setiap hari sabtu. Diskusi ekonomi syariah tsb diikuti oleh Pak Krn selaku tuan rumah, saya dan beberapa anggota milis shar-e seperti Sdr.Agus, Sdri.Nia , Sdr. Piet, Sdr. Nano, Sdr Udin dan Istrinya.

Diskusi ini membahas perkembangan praktek system ekonomi syariah dan memikirkan apa yang bisa disumbangkan untuk memajukan system ekonomi syariah di tanah air. Maka pada tanggal 7 Febuari 2008 Sdr Agus menyarankan untuk membuat sebuah blog kajian ekonomi syariah di internet yang diberi nama http://alihozi77.blogspot.com yang mana penulisnya adalah saya sendiri karena saya bekerja di bank syariah dan desain blognya adalah Sdr.Agus dan Sdr.Piet yang memang juga ahli di bidang desain blog,web dan milis. Dari hasil diskusi ini juga sering saya mendapatkan ide-ide baru untuk dijadikan bahan tulisan yang sering saya publikasikan di dunia maya melalui media blog dan milis.

Mudah-mudahan keluarga anda juga termasuk pecinta system ekonomi syariah seperti keluarga Pak Krn.

Al-Faqir
Maju terus System Ekonomi Syariah, Tinggalkan segera system ekonomi kapitalis-liberal

© Alihozi 07 November 2008
Komentar dan saran atas artikel ini bisa dikirimkan ke http://Alihozi77.blogspot.com atau sms ke no : 0813-882-364-05.

2 komentar:

SAP User mengatakan...

melalui mesjid dan pengajian, setiap jumatan, dst masyarakat diajak untuk berbelanja produk yg syariah. Produk yang didukung negara penyebar perang, alkohol, dan merusak lainnya harus dihindarkan jauh2 kalau masih banyak penggantinya. Insya Allah minimal setiap jumat masyarakat kita diingatkan untuk memajukan dirinya sendiri bukan memajukan negara penyebar perang.

ismail mengatakan...

Semoga kita bisa menjadikan keluarga kita menjadi keluarga yang hidup dengan ekonomi Syariah...Amin. Jazakallah atas tulisannya