16 Maret 2009

Hatiku Terharu Melihat Para Pecinta Micro Banking Syariah dari BMT

Oleh : Alihozi

http://alihozi77.blogspot.com

Pada tulisan artikel sebelumnya saya menceritakan pertemuan saya dengan seorang Prof ahli Psikologi Islam dan juga ahli Ekonomi Syariah tentang kerjasama Bank Umum Syariah dan BMT untuk membantu masyarakat ekonomi lemah (kecil) agar bisa mengakses pinjaman perbankan. Menurut beliau yang sering menjadi hambatan tidak berkembangnya Lembaga Keuangan Mikro Syariah seperti BMT adalah berangkatnya (niatnya) mendirikan BMT bukan karena untuk benar-benar berjuang membela ekonomi masyarakat kecil, tetapi hanya untuk mencari keuntungan materi untuk pengurus LKMS tsb.

Selanjutnya beliau menceritakan sebuah BMT yang maju pesat yang mana kunci keberhasilannya adalah para pengurusnya yang mempunyai ghirah (semangat) untuk memberdayakan ekonomi masyarakat kecil. Memang harus diakui para pengurus tsb tidak mencari keuntungan dengan mendirikan BMT karena mereka adalah terdiri para pensiunan pegawai yang sudah mapan dalam kehidupan materi.

Yang menjadi inti dari tulisan artikel saya kali ini adalah di negara Indonesia yang kehidupan sekarang ini sudah serba diukur dengan budaya materialisme, ternyata masih ada orang-orang kaya (mampu) yang benar-benar mencintai mikro banking syariah untuk memberdayakan masyarakat ekonomi lemah. Mereka rela tidak mendapatkan gaji, pernah mereka mendapatkan gaji, langsung mereka bagikan kepada para pegawai BMT untuk meningkatkan kinerja atau menambah semangat kerja mereka di BMT Mereka juga rela mengorbankan sebagian hartanya demi kemajuan BMT tsb. Saya benar-benar terharu mendengar cerita beliau ini dan malu belum bisa seperti mereka bisa berbuat sesuatu yang benar-benar bermanfaat buat ummat. Islam.

Pada hari ini saya akan berkunjung ke BMT tsb, ingin segera bertemu dengan para pecinta micro banking syariah yang telah membuat hati ini terharu dan tambah bersemangat. Semoga Allah,SWT meridhai dan menjadikan pertemuan tsb sebagai sumber inspirasi bagi saya untuk terus berjuang ikut membantu BMT tsb sesuai kemampuan dan kapasitas saya sebagai seorang praktisi bank syariah.

Salam Pecinta Ekonomi Syariah

Alihozi http://alihozi77.blogspot.com

2 komentar:

WURYANANO mengatakan...

Wah..Luar Biasa Prima, sikap para pengurus BMT ini. Semoga keikhlasan mereka memperoleh balasan pahala yang lebih baik lagi dari ALLAH.

Salam Sukses Penuh Berkah dari Surabaya,

Wuryanano
Motivational Blog - Support Your Success
Entrepreneur Campus - Support Your Future

atmoko mengatakan...

semoga amal ibadah mereka diterima..amin..