21 April 2009

Memilih KPR Syariah Atau KPR Konvensional?

Oleh : http://Alihozi77.blogspot.com

Pada kondisi perekonomian Indonesia saat ini dimana tingkat suku bunga Bank Indonesia sudah turun tapi tingkat suku bunga kredit belum juga turun secara signifikan termasuk tingkat suku bunga KPR konvensional pun belum turun dan tidak ada seorangpun yang bisa memperkirakan sampai kapan kondisi ini akan berakhir karena belum pulihnya krisis financial global.

Banyak anggota masyarakat yang kecewa dengan fluktuasi tingkat suku bunga KPR Konvensional, karena bisa secara tiba-tiba naik mengikuti suku bunga kredit KPR yang berlaku di pasar. Hal ini membuat mereka yang mengambil KPR Konvensional harus menyisihkan lebih besar lagi pendapatan mereka untuk membayar angsuran KPR nya tsb.

Oleh karena itu KPR syariah menjadi alternatif pilihan lain bagi anggota masyarakat yang ingin memiliki rumah melalui KPR yang bebas dari fluktuasi bunga yang mana jumlah angsurannya tidak mengikuti tingkat suku bunga kredit yang berlaku di pasar atau kecenderungannya tetap. Namun pengamatan penulis di lapangan masih banyak anggota masyarakat yang belum mengerti bagaimana membedakan KPR konvensional dengan KPR syariah apalagi untuk mengerti bagaimana caranya memilih produk KPR syariah bank mana yang paling murah, banyak yang langsung menanyakan kepada saya berapa persen tingkat bunga yang harus mereka bayar apabila mengambil KPR syariah ?

Padahal bank syariah sama sekali tidak memungut bunga pada KPR syariah akan tetapi memungut margin (selisih harga beli dengan harga jual) apabila KPR syariah tsb memakai skim murabahah(jual beli) atau memungut harga sewa apabila bank syariah memakai skim musyarakah ijarah (sewa). Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana memilih KPR Syariah yang paling murah ?

Banyak bank syariah yang mempromosikan produk KPR syariahnya dengan berbagai cara dari pelayanan pengajuan KPR syariah yang cepat, iklan di media massa dan lain-lain, sekarang bagaimana caranya agar kita bisa memilih Bank Syariah yang produk KPR syariahnya paling murah ? Barikut ini saya akan sedikit memberikan saran/tips berdasarkan pengamatan praktek di lapangan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan produk KPR syariah yang palaing murah dengan mengesampingkan terlebih dahulu biaya-biaya pengajuan KPR Syariah seperti biaya administrasi, biaya notaris dll :

1. Apabila memilih KPR Syariah jangan melihat dari tingkat persentase margin jual beli atau persentase harga sewa misalnya 8%,9%, 10% dst per tahun, karena hal ini tidak menjamin bahwa produk KPR syariah suatu bank syariah itu lebih murah, tetapi tanyakan kepada suatu Bank Syariah berapa besar nominal rupiah angsuran perbulannya lalu bandingkan dengan Bank Syariah lain, yang paling murah adalah yang angsurannya paling kecil dengan catatan pokok pinjaman KPR dan periode pinjaman adalah sama.

2. Apabila memilih KPR syariah, tanyakan kepada bank syariah tsb berapa outstanding (sisa) angsuran pokok apabila akan mempercepat pelunasan KPR syariah pada tahun tertentu , lalu bandingkan dengan bank syariah lain. Bank syariah yang paling murah adalah Bank syariah yang sisa outstanding pokok KPR syariahnya paling kecil apabila dilakukan pelunasan KPR syariah dipercepat.

3.Bagi yang ingin mengajukan KPRS BMI bisa menghubungi saya Ali di no hp:0812-1249-001 setiap hari atau email ali.hozi@yahoo.co.id

Mari kita tinggalkan system bunga dan kembali ke system syariah

Salam Pecinta Bank Syariah


http://alihozi77.blogspot.com
Bagi yang ingin mengajukan KPR Syariah BMI bisa menghubungi ali no Hp : 0812-1249-001

30 komentar:

Hardiyanto mengatakan...

Assalamu'alaykum mas ..

Artikel yang bermanfaat ...
Kebetulan saat ini saya sedang mempertimbangkan untuk membeli rumah melalui KPR. Sebetulnya saya ingin pake KPR syariah. Namun setelah dihitung2 kenapa kok selalu lebih mahal ya mas ..?

Ada beberapa pertanyaan ni mas :
1. Pertimbangan apa yg digunakan oleh bank untuk menentukan nilai margin.
2. Misal margin 8 %. Itu artinya 8% dari total harga jual, atau 8% dari total harga jual dikurangi uang muka ..?
3. Saat ini berapa % nilai margin dari bank muamalat ..?

terima kasih.

alihozi77 mengatakan...

Sebenarnya tidak juga selalu lebih mahal KPR Syariah dibandingkan dg KPR Konvensional, Bapak bisa mengambil KPR Syariah di Bank Muamalat tempat saya bekerja, angsuran perbulannya (pokok+margin sewa) kompetitif bila dibandingkan dg KPR Bank Konvensional yaitu marginnya setara dengan suku bunga 9,31 %/pa

Kalau di Bank Muamalat akadnya bukan jual beli tapi sewa jadi 9,31%/pa itu adalah margin sewa per tahun

Hardiyanto mengatakan...

Bisa dijelaskan beda akad jual-beli dan sewa pak ..?

Misal total gaji saya & istri = Rp. 6.000.000,-
berapakah nilai rumah yang bisa kami beli dan berapa angsuran per bulannya selama 10 th ?
Posisi di Solo pak.

Jzk.

alihozi mengatakan...

Sedikit penjelasan KPRS di BMI (Bank Muamalat Indonesia):

Dalam KPR Syari’ah di BMI, bank dan nasabah-mitranya membeli aset rumah bersama-sama sebagai co-investor.

Jadi, jika bank penyedia kredit konvensional mendapatkan keuntungan dari bunga, BMI penyedia KPR syari’ah mendapatkan keuntungan dari perjanjian kepemilikan bersama tersebut yakni dari uang sewa yang dibayarkan nasabah sebagai imbalan atas jasa bank memberikan hak tinggal kepadanya di rumah yang mereka beli.

Jumlah uang sewa ini tentu disesuaikan dengan hak bank atas properti tersebut atau sesuai dg porsi kepemilikan bank atas rumah tsb

Ketika nasabah-mitra sudah melunasi sewa sesuai dg jk waktu yang disepakati maka kepemilikan penuh menjadi milik nasabah, pembayaran sewa kepada bank pun dihentikan.

Untuk gaji Rp.6.000.000,- palfond KPR maksimal yang bisa diambil adalah +/- Rp.150.000.000,- . Dan utk daerah solo bisa menghubungi BMI Cab.Solo.

Terimakasih

Alihozi Hp:0813-882-364-05

DR mengatakan...

Assalamu'alaikum pak...
Saya lg mempertimbangkan apakah ikut KPR syari'ah atau konvensional ataukah harus nabung dulu baru beli rumah, karena setelah di analisa, ternyata bunga dan marjin yang dikenakan kedua jenis bank beriringan sama2 tinggi...Kl di bank muamalat gimana sistemnya ya pak?trus jika terjadi pelunasan sebelum masa pembiayaan habis,gimana perlakuan muamalat sendiri, apakah dibayar pokoknya doank, atau total cicilan yang ada?syukron pak..wassalam..

arif mengatakan...

Assalamu'alaikum Wr Wb.

sokron atas infonya nih kan Ali, memang akhir-akhir ini telah banyak info dan produk2 syariah terutama dalam hal KPR, semoga hal tersebut bisa mengganti sistim riba menjadi syariah.

saya mo tanya Kang tentang akad sewa beli(ijarah musyarakah), dan yang ingin saya tanyakan adalah :

1. tolong di jelaskan lagi seara lebih mendetail akan sistim jual dan sewa tersebut, sampai dengan contoh dan simulasinya (kredit 150 jt dengan masa angsuran 15 tahun)

2. Apakah dalam dalam jangka waktu tertentu (katakanlah 10 tahun) perjanjian sewa tersebut akan sama (flat) karena seperti yang kita ketahui tentang kecendrungan inflasi tiap tahun yang menyebabkan tarif sewa rumah (kontrakan) ikut naik pula. apakah hal tresebut berlaku di bank muamalat ?

sukron kang atas infonya semoga dengan semakin berkembangnya perbankan syariah di Indonesia bisa lebih mensejahterakan msayarakatnya sesuai dengan syariah, dan semoga bisa menjadi langkah awal dalam pembumian syariah di bumi pertiwi.

nb:
tolong forward ke email saya
ardianto.arif18@gmail

sukron
Wassalamualaikum Wr Wb.rank

alihozi mengatakan...

<> Untuk Dr di tempat, sebenarnya saran saya bapak segera mengambil KPR Bank Muamalat, saat ini per des 2009 pricing sewa nya sedang turun. Kalau bapak ingin melakukan pelunasan dipercepat bapak hanya membayar sisa pokok hutang bapak saja+ sewa 1 bulan berjalan, tidak ada pinalti

<> Untuk pak arif di tempat, untuk plafond KPR Rp.150juta angsuran per des 2009 adalah Rp.1,8 juta per bulan jk waktu 15 tahun, angsuran sewa per bulan ini ada evaluasinya setiap 2 tahun sekali, bisa tetap atau naik. S/d saat ini kita belum pernah menaikkan sewa per bulan bagi yang sudah akad kpr dengan kita dan yang jelas andaikan ada kenaikan kita tidak mengikuti tingkat suku bunga pasar...Salam Alihozi Hp:0813-882-364-05 email ali.hozi@yahoo.co.id

Mamat Rohimat mengatakan...

terima kasih atas penjelasannya.


saya sebenarnya juga sedang mencari KPRS.

alihozi mengatakan...

to pak mamat rohmat : sam-sama pak, senang bisa membantu menjelaskan KPR Syariah Bank Muamalat

Salam

Alihozi

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaykum mas..
sy sdh 2thn mnjadi nasabah KPR B. Niaga dg pinjaman Rp. 198Jt ciciln skrg 2,9jt/bln kl di B.M brp/bln & bgmn caranya memindahkan ke b. muamalat dg cicilan flat perbulan. Tks Wassalam..

Anonim mengatakan...

Ass.
salam kenal pa, saya feri, saat ini saya ingin mengajukan kpr syariah...

Yang mau saya tanyakan :
1. Harga rumah Rp.246.840.000, DP saya Rp. 49.840.000, Gaji total saya Rp.6.200.000 (minus gaji istri)...berapa yang harus saya cicil/bayar perbulan selama 15 tahun?

sebelumnya saya ucapkan terima kasih

rahmad mengatakan...

as..wr..wb

1. sy brminat untuk ambil rmh second di daerah jatiwarna harganya 160jt, kira2 bagaimana simulasiny?

2. Join income sy dan istri 6jt an.kalo pun utk DP saat ini br 10% sy siap.Apa kah BMI bs menjadi solusi sy?

3. Apa ada saran Bank apa yang memnuhi kriteria sy?

Thanks a lot..

Tzatotti mengatakan...

Saya sangat tertarik dg artikel bapak dan berencana pake KPR BMI..
harga rumah Rp. 151.500.000 sudah saya DP sebesar Rp. 32.500.000 sehingga yg akan dicicil adl Rp. 119.000.000.
Yg mau saya tanyakan...
1. berapa marginnya?
2. Berapa kira2 angsurannya kalo saya hendak menyicil selama 10 tahun
Terimakassssiiiiih banyak pak atas bantuannya
Tesa-Surabaya

alihozi77 mengatakan...

To Pak Feri dg gaji Rp.6,2juta plafond kpr max yg bisa diajukan ke bank muamalat adalah Rp.170juta dg angsuran Rp.2,1juta/bl jk waktu 15th, klo mau plafond lebih besar lagi bisa joint dg istri.

To Pak Rahmad klo harga rumahnya Rp.160juta biasanya KPR yang bisa diberikan Bank Muamalat adalah +/- 80% nya atau Rp.128juta angsuran per bulan 1,6jt jk waktu 15 tahun

To Sdr. Tzatoti : untuk plafond Rp.119jt angsuran per bulan Rp.1,7jt/bl jk waktu 10 tahun.

Nb:
1. Semua jawaban di atas berdasarkan pricing bank muamalat yg sedang berlaku per bl maret 2010
2. Pertanyaan juga bisa diajukan ke alihozi sms hp :0812-1249-001 atau email ali.hozi@yahoo.co.id

Terimakasih All

tiwi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
tiwi mengatakan...

Assalamu'alaykum

maaf pak saya mau minta informasi,
tanah 154m2, bangunan 36
join income 8,5 jt
usia suami 25 thn
mau mengajukan plafond 200jt

saya mau tanya:
1. biaya administrasi,
2. Besarnya biaya per bulan untuk jangka waktu 10 dan 15 thn,
3. bisa saya tahu pembagian untuk margin dan pokok hutang nya?

terima kasih banyak

alihozi77 mengatakan...

Untuk Ibu Tiwi :
1. Berdasarkan pricing bulan april 2010 utk plafond KPR Bank Muamalat Rp.200juta maka angs per bulan 2,9jt jk waktu 10th dan 2,5jt jk waktu 15th

2. Utk biaya adm 1,5% dari plafond

3.Untuk pembagian porsi margin dan pokok angsuran kpr kalau di Bank Muamalat tergantung porsi kepemilikan di awal atas rumah tsb, info lanjut bisa hubungi alihozi di no hp : 0812-1249-001, terimakasih
Salam

Alihozi

alihozi77 mengatakan...

Salam rekan-rekan pembaca blog , kalau anda berminat ingin mengajukan kpr syariah bank muamalat bisa hub saya via sms hp: 0812-1249-001 atau email ali.hozi@yahoo.co.id

Salam

Alihozi

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum pak,

kami membeli rumah seharga Rp208juta. Uang muka sebesar Rp41.760.000,-, yang dicicil 6x s.d nov 2010. Rencananya kami akan mengambil KPRS sejumlah Rp166.240.000,-. Kira2 kalo kami akad kredit pada bulan nov 2010 tsb, berapa ya angsurannya per bulan untuk 10 tahun? Dan dalam sebulan tersebut berapa persentase untuk pembayaran margin dan pokok pinjaman? terimakasih atas penjelasannya ya pak.

Emilia Alhadi mengatakan...

assalamu alaikum pak..info yang sangat bermanfaat.
kalau harga rumah 175 juta, DP 35 jt, brapa ya pak, angsuran perbulannya. untuk 15 tahun??margin untuk muamalat sendiri, untuk bulan agustus 2010 saat ini brapa ya pak??
Lalu brapa biaya yang saya keluarkan jika saya memakai kpr muamalat??trims

Emilia Alhadi mengatakan...

ass.saya tertarik dengan pembahasan bpk ttg kpr muamalat, saya ingin bertanya :
1. Harga jual rumah yg akan kami ambil adalah 175 jt, dengan DP 35 jt.brapa ya pak angsuran perbulannya untuk jangka 15 tahun??
2. Berapa besar margin kpr muamalat untuk bulan agustus 2010 ini???
3. Brapa biaya proses kredit muamalat, jika saya memakai kpr muamala??apakah sudah termasuk biaya asuransi jiwa, kebakaran, atau notaris bank??

Trims banyak pak atas infonya, saya sanggat menunggu jawaban bpk.
wassalamu alaikum wr.wb

alihozi77 mengatakan...

Bagi rekan-rekan yg ingin bertanya tentang KPR Bank Muamalat bisa menghubungi saya langsung di no Hp Esia : 021-92999-803

Terimakasih

Alihozi
Marketing BMI

jupiter mengatakan...

Assalamualaikum

saya mau membeli rumah melalui kpr dengan harga 175 jt, dengan DP 35 jt, berarti kredit ke bank 140 jt, selama 15 th,dan saya sudah tanya ke bank muamalat dan bank konvensional, pertanyaan saya :
1. Kenapa bank muamalat memberikan cicilan perbulan lebih mahal yaitu 1.771.340 sedang bank konvensional sekitar 1.5 jt.
2. Berapa biaya yang muncul saat akad karena menurut info pihak muamalat semua biaya tsb dibayar saat akad dan tidak muncul pada masa kredit.
3. Apakah akan selalu flat cicilannya dari awal sampe akhir kredit?

Isnu mengatakan...

Assalamu'alaykum pak ..

Saat ini saya ingin merenovasi rumah saya, sedangkan tabungan saya kalau di hitung2 masih kurang sekitar Rp40 juta, kalau saya pinjam 40 juta dalam jangka waktu 5 tahun berapa cicilan yang harus saya bayar.

Terimakasih

mustika mengatakan...

bisa ngk bank syariah di kembangkan di luar negeri ?

haloqq mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb

Pak saya berminat untuk ke KPR muamalat. Karena sudah lama saya cari caranya bagaimana. tapi yang saya tanyakan apakah bisa dp0%. untuk pembiayaan rumah syariah. perkiraan harga rumah yang saya mo beli ( 2nd ) 80jutaan. gaji saya perbulan 3.4 juta minus istri. dan apakah usaha bisa dijadikan pendukung juga?. dan apakah gaji sya cukup untuk cicilan perbulan un tuk harga rumah segitu

trimakasih

umi mengatakan...

askum..
maap pak sy mau nanya..
ada yg bilang ke sy kalo kpr dr bank muamalat yg paling bagus..
yg ingin sy tanyakan... sy seorang cpns dg gaji bersih 1.3 jt..dan sy bermaksud membeli rumah dg kpr bank muamalat ini. kira2 dg harga rumah sekitar 125 jt.. sy bs ambil yg jangka waktu brp tahun yg sy msh bs lancar mencicil angsurannya..
trus tolong beri gmbaran sy tentang bagaimana sbnarnya proses pembelian rumah dg kpr dr bank muamalat.... tolong di jawab di email sy jg.. er_umi@yahoo.co.id
terimakash

Unknown mengatakan...

ass,

mas alizoli.. senang dengan artikel saudara, saya ingin bertanya :
1. ada yang bilang bahwa kalao melunasi pokok hutang di mualamat/syariah itu gak bisa seperti yg ada pada konvensional

2. bila ada, bagaimana mekanisme nya melunasi pokok tersebut, apakahbisa melunasi sebagian pokoknya, dan mengurangi cicilan nya?

Qqie kudo mengatakan...

Assalamu;alaikum pak,

Saya berencana mengambil KPR di MUamalat. yang mau saya tanyakan, apakah memang kita dikenakan double biaya akad, yaitu musyarakah dan ijarah? Karena setau saya biasanya hanya salah satu saja. terima kasih untuk penjelasannya/

Admin mengatakan...

Kalau kredit 512.000.000 selama 15 tahun angsuran perbulannya berapa? Trus biaya lain lain spt asuransi jiwa. Kebakaran. Kpr dan notaris brp. Trims.