15 Agustus 2008

Pentingnya Bank Syariah Memberdayakan Orang Miskin dengan Dana Zakat , Infaq dan Shodaqah (ZIS)

Oleh : Alihozi

http://Alihozi77.blogspot.com


Pada tulisan saya yang terdahulu yang berjudul “Menjalankan ajaran Islam secara Kaffah di Bank Syariah”, saya menyatakan bahwa bank syariah seharusnya tidak hanya menjalankan system ekonomi syariahnya saja tetapi juga menjalankan hukum- hukum syariah yang lainnya yang ada di Al-Qur’an dan As-Sunnah. Salah satu hukum syariah yang harus dijalankan di bank syariah tsb adalah memungut dan mengelola dana ZIS (Zakat, Infaq dan Shodaqah) yang berasal dari para karyawan, manajemen , pemegang saham dan para nasabah bank syariah.

Dengan dana ZIS tsb bank syariah bisa membuat program-program pemberdayaan orang miskin yang ada di seluruh Indonesia sehingga angka kemiskinan yang ada di negara tercinta ini bisa berkurang dan bank syariahpun semakin dekat dengan hati masyarakat.. Contoh program pemberdayaan orang miskin yang sudah dijalankan oleh salah satu bank syariah terbesar di Indonesia yaitu Bank Muamalat Indonesia (BMI). BMI sejak tahun 2000 telah membentuk lembaga Baitul Maal Muamalat (BMM) yang bertujuan untuk memungut dan mengelola dana ZIS.

Dengan dana ZIS tsb BMM selama ini telah menjalankan program pemberdayaan orang miskin dengan bekerjasama dengan masjid-masjid yang ada di seluruh Indonesia. Yang mana program ini membantu orang miskin yang ingin membuka usaha mandiri namun tidak punya modal usaha karena tidak ada akses pinjaman ke perbankan dan tidak mempunyai jaminan. Oleh BMM orang miskin di berikan pinjaman modal usaha tanpa bunga maupun bagi hasil, BMM hanya meminta pokok pinjamanny saja dengan harapan ke depannya orang miskin yang diberikan pinjaman tsb bisa mandiri sehingga tidak menerima dana zakat lagi tetapi menjadi orang yang mampu mengeluarkan zakat.

Yang menjadi permasalahan sekarang adalah jumlah orang miskin di seluruh Indonesia sangat banyak tidak mungkin pemberdayaan orang miskin hanya dijalankan oleh satu atua dua bank syariah masih banyak orang miskin yang belum dibantu untuk keluar dari kemiskinan. Oleh karena itu yang diperlukan adalah kebersamaan seluruh bank syariah untuk sama-sama memungut dan mengelola dana ZIS. Saya yakin kalau program pengelolaan dana ZIS ini dijalankan dengan professional dan amanah, bukan hanya angka kemiskinan yang berkurang di tanah air tetapi juga Allah ,SWT akan memberikan bank syariah pangsa pasar perbankan nasional yang lebih besar.

Wallahu’alam

Maju Terus Bank Syariah/We Love Bank Syariah

Al-Faqir


Alihozi

http://alihozi77.blogspot.com

Tidak ada komentar: