23 Mei 2009

Pemikiran Ekonomi Syariah Imam Habib Abdullah Haddad


Oleh : Alihozi

http://alihozi77.blogspot.com


Ada sebuah kitab yang cukup terkenal di kalangan ummat muslim khususnya di kalangan pesantren yaitu kitab yang berjudul “An-Nashaaih Ad-Diniyah Wal-Washayah Al-Imaniyah uang ditulis oleh Imam Habib Abdullah Haddad . Sejak pertama kali membaca kitab ini saya langsung tertarik karena didalamnya banyak sekali mutiara manikam pembahasan mengenai Aqidah,Ibadah, Akhlak, Ihsan, Taqwa dan tidak terkecuali masalah ekonomi syariah walaupun memang tidak tertulis di kitab tsb istilah ekonomi syariah tapi apa yang ditulis beliau merupakan prinsip-prinsip ekonomi syariah yang sekarang sedang dipraktekan dan berkembang di tanah air ini.


Imam Habib Abdullah Haddad adalah Syaikhul Islam atau Mahaguru Imam di zamannya walaupun kedua matanya buta tidak menghalanginya untuk sering berdakwah kepada jalan Allah,SWT ,berjuang untuk mengembangkan agama yang suci dengan lisan dan penanya yang menjadi tumpuan dan rujukan orang ramai dalam ilmu pengetahuan .Beliau lahir di kota Tarim sebuah kota di Hadramaut (Yaman Selatan) pada tahun 1044 H dan wafat tahun 1132 H. Profil beliau kalau saya tidak salah ingat pernah dimuat di surat kabar Republika beberapa tahun yang lalu.


Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas pemikiran Beliau di kitab tsb uakni masalah ekonomi syariah khususnya masalah jual beli dan riba yang mana cukup panjang dibahas di kitab tsb. Beliau menjelaskan mengenai jual beli yang diharamkan, jual beli yang ribawi dan juga beliau juga menjelaskan untuk melepaskan dari bahaya riba diperbolehkan jual beli secara bertangguh (kredit / tidak tunai) dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran. Menurut beliau siapa yang ingin ingin mencari keuntungan boleh melakukasn jual beli serupa itu. (lihat halaman 370 edisi terjemahan kitab tsb Syed Ahmad Semait 1980).


Demikianlah sedikit ulasan pemikiran beliau mengenai ekonomi syariah, bagi ummat muslim yang ingin meningkatkan ketaqwaan atau kedekatan kepada Allah.SWT alangkah bagusnya untuk juga membaca kitab tsb. Sekarang ini sudah ada terjemahan edisi Indonesia yang diterjemahkan oleh Syed Ahmad Semait 1980.


Salam Pecinta Ekonomi Syariah


Alihozi

Bagi yang membuttuhkan KPR Syariah BMI bisa klik http://alihozi77.blogspot.com atau hubungi ali Hp: 0813-882-364-05

1 komentar:

Anonim mengatakan...

trima kasih infonya.. judul bhasa indonesianya apa?