13 Juli 2008

PENTINGNYA PERANAN ULAMA DALAM PERKEMBANGAN PERBANKAN SYARIAH


Oleh : Alihozi

(http://alihozi77@blogpspot.com)

Suatu hari menjelang tahun 2000, teman saya seorang officer marketing suatu bank syariah sedang menjelaskan konsep bank syariah kepada seorang ulama terkemuka dari ormas islam yang mempunyai basis masa yang lumayan besar, setelah dijelaskan ternyata ulama tsb malah mengatakan bahwa konsep bank syariah sama saja dengan konsep bank konvensional. Mendengar perkataan ulama tsb, pejabat bank syariah yang ikut dalam presentasi tsb mengatakan , “ Kalau ahli agama seperti bapak saja mengatakan seperti itu lebih baik kita bubarkan saja bank syariah ini, buat apa kita dirikan ?”

Ulama tsb hanya diam saja mendengar pejabat bank syariah mengatakan lebih baik bank syariah dibubarkan saja kalau ahli agama seperti dia berkata konsep bank syariah sama saja dengan konsep bank konvensional. Pada kemudian hari sampai saat ini ulama tsb merupakan salah satu pendukung perkembangan bank syariah di tanah air.

Mengapa pejabat bank syariah mengatakan seperti itu kepada ulama tsb, karena ia menyadari sepenuhnya bahwa pengaruh seorang ulama dalam kehidupan masyarakat islam di Indonesia amatlah besar, sehingga kalau perbankan syariah tidak mendapat dukungan dari para ulama , perbankan syariah tidak akan tumbuh berkembang dengan cepat. Saya juga mempunyai pengalaman pribadi yang membuktkan bahwa pengaruh ulama dalam perkembangan perbankan syariah itu amatlah besar yaitu waktu saya tugas di kawasan bintaro , ada seorang nasabah prima yang dana tabungan dan depositonya lumayan besar, walaupun sudah tua nasabah tsb sangat setia kepada bank syariah , sampai akhirnya suatu saat saya bertanya, “ Mengapa ibu begitu setia kepada bank syariah?

“Begini Pak Ali, awal mulanya saya bergabung dengan bank syariah karena ustadz pemimpin pengajian saya mengatakan bahwa menabung di bank syariah itu membawa keberkahan, karena mendengar perkataan ustadz tsb saya langsung memindahkan seluruh dana tabungan saya dari bank konvensional ke bank syariah.

Berdasarkan dua cerita di atas ternyata untuk memepercepat (akselerasi) pertumbuhan pangsa pasar bank syariah di tanah air yang masih dibawah 2% haruslah mendapat dukungan para ulama Indonesia karena para ulama mempunyai pengaruh yang besar dalam mengajak masyarakat islam untuk menggunakan bank syariah dalam bertransaksi keuangan. Saya mengajak seluruh ulama Indonesia untuk mendukung akselerasi pertumbuhan pangsa pasar bank syariah dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya ummat islam untuk bergabung dengan bank syariah, marilah kita tinggalkan semua perbedaan pandangan/pendapat mengenai konsep bank syariah apakah masih sama atau tidak dengan konsep bank konvensioanl , mari kita lebih melihat kepada manfaat-manfaat yang begitu besar dengan adanya bank syariah di tanah air untuk kehidupan masyarakat dan bernegara. Dengan melakukan hal ini saya yakin pangsa pasar bank syariah akan lebih cepat tumbuh dan kita akan bisa mengejar ketertinggalan kita dengan negara lain seperti Malaysia & Singapura dalam perkembangan ekonomi syariah yang terlebih dahulu telah menjadi negara tujuan investasi negara-negara timur tengah.

Wallahu’alam

Alihozi

Tidak ada komentar: